Cyber Campus

Perkembangan teknologi kini semakin mendunia hingga terasa seperti menghapus batas-batas negara. Kita dapat mengetahui apa yang sedang terjadi di negara tetangga, negara mana saja yang sedang terlibat dalam perang, bahkan menyaksikan pertandingan bola dunia di waktu yang bersamaan dengan waktu pertandingan di negara lain. Efek pesatnya perkembangan teknologi ini tidak hanya mempengaruhi lifestyle seseorang atau sebuah kelompok, namun juga mengubah cara sebuah instansi dalam melaksanakan kegiatannya.

Cyber campus merupakan topik menarik yang ingin saya bahas terkait perkembangan teknologi. Cyber campus sendiri adalah bentuk upaya untuk menjadikan kampus tersebut berbasis teknologi informasi. Usaha tersebut diterapkan di semua lini. Mulai dari sistem pembelajaran, kurikulum, fasilitas, maupun sarana dan prasarana lainnya. itu semua dikembangkan dengan berbasis teknologi. (Kompasiana 2012)

Dalam mengembangkan teknologi di kehidupan sehari-hari, pastilah melunturkan budaya dan tradisi secara perlahan dan tanpa disadari. Saya sendiri melihat maraknya universitas yang mulai menerapkan sistem cyber campus ini sebagai hal yang memiliki kemajuan, namun tetap memiliki sisi negatif.

Beberapa keuntungan tersebut adalah mudahnya mendapatkan dan menyampaikan informasi, warga kampus secara langsung mendukung gerakan universitas menuju world class university dan informasi yang disampaikan tidak terbatas (tidak hanya surat tertulis namun dapat berupa video, powerpoint, dll). Namun, dimana ada keuntungan pasti ada kekurangan. Kekurangan yang saya perhatikan disini adalah seperti aktivitas-aktivitas kampus yang bersifat memaksa demi menuju tercapainya cyber campus. Adapula lunturnya budaya dan tradisi mahasiswa dalam belajar kelompok secara tatap muka, berdiskusi, ataupun menulis kembali materi kuliah yang diberikan pengajar di depan kelas.

Di satu sisi saya mendukung jika UGM menjadi kampus yang modern. Namun, beberapa pengaruh negatifnya juga harus dipertimbangkan. Karena seperti yang kita ketahui, perkembangan program cyber campus ini diiringi dengan berkurangnya interaksi baik antarmahasiswa, antardosen maupun antara mahasiswa dan dosen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.